PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA DALAM MATERI BILANGAN 1-10 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV SDN CIBUNGKUL - (SKP.PGSD.0076)

Melsa Rahayu, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KARTU ANGKA DALAM MATERI BILANGAN 1-10 PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS IV SDN CIBUNGKUL - (SKP.PGSD.0076). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (794kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (882kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (796kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (869kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Cibungkul, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran kurang menarik dan peserta didik menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Peserta didik sulit menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas. Hasil pengamatan oleh peneliti terdapat kendala yang dtemui pada saat PLP 2 di SDN Cibungkul yaitu kurangnya siswa untuk dapat memahami dalam mengenal bilangan dan anak yang dijadikan subjek yaitu anak berkebutuhan khusus (ABK) di kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media kartu angka dalam materi bilangan 1-10 pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di kelas IV SDN Cibungkul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal dengan subjek peserta didik berkebutuhan khusus sebanyak 1 orang. Teknik analisa data menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu angka dalam mengenal bilangan 1-10 pada anak ABK telah berjalan dengan baik dengan melalui berbagai tahapan dengan menggunakan metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Metode kontekstual berbantuan media kartu angka khususnya bagi anak berkebutuhan khusus, tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan menarik. Anak ABK disini sudah banyak kemajuan dalam mengenal bilangan 1-10, anak tidak lagi lupa dengan bilangan 1-10 dan anak merasa senang karena menggunakan barang-barang yang disukai oleh anak. Pada anak berkebutuhan khusus penerapan metode pembelajaran kontekstual berbantuan media kartu angka ini akan memotivasi diri siswa untuk ikut berperan serta dalam pembelajaran secara aktif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL), Media kartu angka, Bilangan 1-10
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:55
Last Modified: 23 May 2023 08:38
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item