PENGARUH MODEL SAVI TERHADAP PRESTASI BELAJAAR SISWA BERBANTUAN PRAKTIKUM SEDERHANA - (SKP.PGSD.0067)

Nuryati, Enok (2021) PENGARUH MODEL SAVI TERHADAP PRESTASI BELAJAAR SISWA BERBANTUAN PRAKTIKUM SEDERHANA - (SKP.PGSD.0067). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (553kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (562kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan praktikum sederhana terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ipa pada siswa kelas V SD Negeri 3 Batulawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi. Metode ini sesuai dengan tujuan penelitian yaitu melihat pengaruh suatu model pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan untuk melihat pengaruh model SAVI terhadap prestasi belajar adalah dengan nonequivalent pre-test and post-test control-group design. Pretest dan posttest akan diberikan pada kelas eksperimen dan kelas control, populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik sekolah dasar kelas V SDN 3 Batulawang yang berjumlah 23 orang dalam satu kelas. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Batulawang Kota Banjar pada tanggal 18-22 September 2020. Hasil penelitian diketahui bahwa, data kelas eksperimen selalu mendapatakan hasil yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Peningkatan prestasi belajar pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang sedangkan peningkatan prestasi belajar pada kelas kontrol berada pada kategori rendah. Perbedaan keduanya juga terbukti berbeda sacara signifikan. Hasil uji -t menunjukkan angka signifikansi 0,000. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran yang diberikan pada kelas eksperimen memberikan dampak positif yang lebih baik dari pada pembelajaran pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil dari penelitian menggunakan model SAVI berbantun praktikum sederhana berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNugraha, Mohammad FahmiNIDN0017039001
Thesis advisorHendrawan, BudiNIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Prestasi Belajar, Somatic, Auditory, Visual intellectuall
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Nov 2021 01:48
Last Modified: 29 Oct 2022 08:02
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item