PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI NYANTONG - (SKP.PGSD.0069)

Septiani Awaliya, - (2021) PENGARUH MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI NYANTONG - (SKP.PGSD.0069). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh media kartu kata terhadap kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD Negeri Nyantong. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Non equivalent Control Group Design Populasi penelitian sebanyak 35 responden dan sampel kelas eksperimen sebanyak 17 orang, dan kelas control sebanyak 18 orang. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data melalui lembar wawancara, test dan dokumentasi. Pengolahan data kuantitatif diselesaikan melalui pengolahan data dengan uji hipotesis. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kata terdapat perbedaan dan peningkatan rata-rata kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan nilai signifikansi 0, 000 < 0.05 sehingga hipotesis diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu kata efektif dan berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 3 SD Negeri Nyantong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, kartu kata
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:31
Last Modified: 23 May 2023 04:41
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item