PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD ISLAM TERPADU AL MUSLIMIN - (SKP.PGSD.0066)

Gilang Ramadhan, - (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD ISLAM TERPADU AL MUSLIMIN - (SKP.PGSD.0066). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar siswa yang kurang optimal dalam penggunaan media pembelajaran sehingga siswa cenderung kurang memperhatikan. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia yang dikemas dalam bentuk video terhadap prestasi belajar siswa kelas III di SDIT Al Muslimin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode Pre experimental. Bentuk desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Muslimin dengan populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDIT Al Muslimin yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi (sampling jenuh).Untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pretest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Analisis data menggunakan rumus uji paired simple t test. Hasil analisis data yang telah dianalisis, yaitu diketahui bahwa nilai Sig. (2tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dengan demikian bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dikarenakan ada perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa secara signifikan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media berbasis mutimedia (video) lebih baik atau dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas III mata pelajaran bahasa indonesia pada tema 8 subtema 3.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Prestasi Belajar, Matapelajaran Bahasa Indonesia.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:19
Last Modified: 25 May 2023 07:48
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item