EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEORI KARIR JOHN LEWIS HOLLAND TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS IX SMPN 11 TASIKMALAYA - (SKP.BK 0021)

Nova Agustina Wardhani, - (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEORI KARIR JOHN LEWIS HOLLAND TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS IX SMPN 11 TASIKMALAYA - (SKP.BK 0021). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V NOVA AGUTINA WARDHANI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara pengambilan keputusan karir siswa kelas IX SMPN 11 Tasikmalaya yang diberikan dan tidak diberikan layanan informasi karir dengan menggunakan teori karir John Lewis Holland; (b) efektivitas pemberian layanan informasi karir dengan menggunakan teori karir John Lewis Holland terhadap pengambilan keputusan karir pada siswa kelas IX SMPN 11 Tasikmalaya yang diberikan dan tidak diberikan layanan informasi karir dengan menggunakan teori karir John Lewis Holland. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest and postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 11 Tasikmalaya. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 127 siswa, ditinjau dari jumlah populasi serta tingkat kesalahan 10%. Teknik untuk menentukan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen yang dilakukan 2x yaitu pretest dan postest bagi kelompok eksperimen dan kontrol dengan menggunakan instrumen yang sama. Instrumen yang digunakan adalah instrumen skala pengambilan keputusan karir yang disusun berdasarkan proses atau tahapan pengambilan keputusan karir. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan statistik parametris. Menurut Sugiyono (2017: 149) bahwa “statistik parametris digunakan untuk menguji suatu populasi melalui statistik,atau menguji ukuran populasi melalui data sampel”. Melalui statistik parametris ini, maka dapat menjelaskan secara rinci hasil analisis data interval dan rasio dari suatu data. Dari hasil postest diperoleh nilai t hitung (th) sebesar 4,327 dengan db=122, nilaittabel (tt) sebesar 1,645 pada taraf ignifikasi 5% (0,05) dan db 122, nilai Sig sebesar 0,000. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa thitung (th) > t tabel) (4,327 >1,645) dan nilai Sig. < taraf signifikasi (0,000 > 0,05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil mean postest (ttkelas eksperimen yaitu 101,1 dengan peningkatan skor sebesar 13,3 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 100,8 dengan peningkatan skor sebesar 11,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan informasi karir dengan menggunakan teori karir John Lewis Holland terhadap pengambilan keputusan karir siswa lebih efektif dari pada pengambilan keputusan karir siswa tanpa pemberian layanan informasi karir dengan menggunakan teori karir John Lewis Holland.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorFeida Noorlaila Isti'adah, -NIDN0431018901
Thesis advisorCucu Arumsari, -NIDN0417049003
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi Karir, Teori Karir John Lewis Holland, Pengambilan Keputusan Karir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:34
Last Modified: 17 May 2023 03:24
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item