PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 1 AWIPARI - (SKP.PGSD.0041)

Leni Fajriah, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 1 AWIPARI - (SKP.PGSD.0041). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (558kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual (SAVI) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V di SD Negeri 1 Awipari Tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen The Non-Equivalent Group Design. Desain ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan penerapan model pembelajaran SAVI, sedangkan kelompok kelas kontrol adalah kelompok pengendali yaitu kelas yang tidak mendapat perlakuan. Untuk kelas eksperimen berjumlah 29 orang dan kelas kontrol berjumlah 32 orang. Rata-rata pre-test pada kelas eksperimen yaitu 48.8 sedangkan untuk kelas kontrol 49.63 terlihat adanya perbedaan hasil prestasi siswa sebelum diberikan perlakuan. Adapun nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan nilainya 83.2 untuk kelas eksperimen, dan 61.66 untuk kelas kontrol terlihat ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Perbedaannya juga dapat dilihat dari rata-rata N gain yaitu kelas eksperimen 0.68 dengan kategori cukup efektif, sedangkan untuk rata-rata N gain kelas kontrol 0.22 dengan kategori tidak efektif. Dengan demikian adanya pengaruh antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran SAVI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, SAVI, Prestasi Belajar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 05:35
Last Modified: 24 May 2023 01:01
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item