PENGARUH MEDIA TOKER (TORSO KERTAS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI CINTAWANGI - (SKP.PGSD.0034)

Dede Tika, - (2020) PENGARUH MEDIA TOKER (TORSO KERTAS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI CINTAWANGI - (SKP.PGSD.0034). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (659kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (662kB)

Abstract

Masalah yang ditemui dari hasil wawancara kepada guru kelas V SD Negeri Cintawangi, bahwa prestasi pada materi sistem pernapasan manusia pada tahun ajaran 2018/2019 masih rendah, model yang dilakukan guru masih model ceramah, sehingga siswa tidak dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media toker (torso kertas) terhadap prestasi belajar siswa materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di SDN Cintawangi. Penelitian ini termasuk penelitian (quasi eksperimen design) menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cintawangi yang berjumlah 20 siswa. Teknik Sampel yang digunakan adalah teknik random sampling yang diambil secara random yang menghasilkan 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik wawancara tidak terstruktur dan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan media toker (torso kertas) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa berdasarkan analisis uji hipotesis dengan signifikasi (two tailed) 0,000 < (0,05) maka Hₒ ditolak, yang itu berarti terdapat pengaruh prestasi belajar siswa materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di SDN Cintawangi. Hal ini juga terlihat dari perbedaan antara rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 89 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 66.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Uncontrolled Keywords: Media Toker (Torso Kertas), Prestasi Belajar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:12
Last Modified: 19 May 2023 03:55
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item