PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR AND SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DONGENG KELAS III SD ISLAM AL JAMAL - (SKP.PGSD.0030)

Asri Qonita, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR AND SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DONGENG KELAS III SD ISLAM AL JAMAL - (SKP.PGSD.0030). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think, pair and share terhadap prestasi belajar siswa pada materi dongeng kelas III SD Islam Al Jamal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group, pretest-postest desigh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Islam Al Jamal sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian (total sampling) yaitu 52 siswa yang terdiri dari 31 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes (pretest dan postest) berupa soal pilihan ganda dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think, pair and share terhadap prestasi belajar siswa kelas III di SD Islam Al Jamal. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest antara kedua kelas yaitu dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen 66.27 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 59.88. Uji hipotesis pada data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,001. Ini menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih kecil daripada taraf signifikansi (0,001<0,005). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair and Share, Prestasi Belajar, Dongeng.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 22 Jun 2021 09:38
Last Modified: 19 May 2023 04:23
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item