PROFIL REGULASI EMOSI SISWA SMP DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PENELITIAN DESKRIPTIF KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP KHZ MUSTHAFA) - (SKP.BK 0051)

Novita Chandani, - (2020) PROFIL REGULASI EMOSI SISWA SMP DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PENELITIAN DESKRIPTIF KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP KHZ MUSTHAFA) - (SKP.BK 0051). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)

Abstract

Regulasi emosi merupakan kemampuan individu mengatur emosi positif maupun emosi negatif secara sadar dan otomatis ketika individu berada pada situasi tertentu. Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan masih ditemukannya siswa yang kurang bisa mengungkapkan emosi dalam menghadapi situasi tertentu yaitu ditunjukkan dengan perilaku berkata kasar, melanggar tata tertib sekolah, bolos sekolah, cenderung diam apabila diberikan kesempatan untuk bertanya, dan juga sering terjadi kesalahpahaman dalam kelompok teman sebaya sehingga menimbulkan pertengkaran. Regulasi emosi pada siswa perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu teknik bimbingan dan konseling yang tepat agar mampu meningkatkan regulasi emosi siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan regulasi emosi siswa adalah dengan menggunakan teknik pelatihan asertif melalui program layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP KHZ Musthafa yang berjumlah 285 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling total yaitu dengan menjadikan anggota populasi sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP KHZ Mustahafa memiliki kecenderungan tingkat regulasi emosi pada kategori cukup sebesar 52% (147 siswa) Artinya memiliki tingkat regulasi emosi yang cukup atau dapat dikatakan cukup memadai dalam ketercapaian regulasi emosi namun belum mencapai tahap optimal. Kekurangan dari penelitian ini sampel masih terbatas sehingga hanya mengetahui gambaran regulasi emosi kelas VIII SMP KHZ Musthafa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAam Imaduddin, -NIDN0418048404
Thesis advisorDewang Sulistiana, -NIDN0423098602
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi, Pelatihan Asertif.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:49
Last Modified: 22 May 2023 01:36
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item