RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE ANIMATE PADA MATERI PENGOLAHAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU BERAT - (SKP. PTI 0011)

Risma Nurul Hikmah, - (2020) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ADOBE ANIMATE PADA MATERI PENGOLAHAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU BERAT - (SKP. PTI 0011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (561kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Adobe Animate pada materi pengolahan untuk peserta didik tunarungu berat. 2) Menguji tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan aplikasi Adobe Animate pada materi pengolahan untuk peserta didik tunarungu berat ditinjau dari aspek kevalidan, penilaian tenaga pendidik dan respon peserta didik. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4-D yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP tunarungu berat di SLB Aisyiyah Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen kevalidan berupa lembar validasi ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, penilaian tenaga pendidik dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi Adobe Animate pada materi pengolahan untuk peserta didik tunarungu berat. Hasil penelitian yaitu 1) media pembelajaran dibuat menggunakan aplikasi Adobe Animate dengan karakteristik berupa media interaktif dan terdapat beberapa fitur diantaranya fitur profil, petunjuk, tujuan pembelajaran, materi dan Quiz. Ciri dari media ini yaitu penggunaan video bahasa isyarat tangan untuk menyampaian informasi. 2) media layak digunakan dengan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 47 dengan kriteria sangat baik, validasi oleh ahli media mendapatkan skor 38 dengan kriteria sangat baik, ahli bahasa mendapatkan skor 18 dengan kriteria sangat baik, respon peserta didik mendapatkan skor 55 dan 56 dengan kriteria sangat baik dan berdasarkan angket penilaian tenaga pendidik terhadap rancang bangun media pembelajaran mendapatkan skor 66 dengan kriteria sangat baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMilah Nurkamilah, -NIDN0412128902
Thesis advisorCecep Riki, -NIDN0424057408
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Teknik Informasi
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:12
Last Modified: 31 May 2023 03:25
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item