PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN BAGIAN TUBUH TUMBUHAN KELAS IB SDN KARANGDAN - (SKP.PGSD 0012)

Vina Pebri Pardiana, - (2019) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN BAGIAN TUBUH TUMBUHAN KELAS IB SDN KARANGDAN - (SKP.PGSD 0012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK pdf.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I pdf.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAPUS pdf.pdf

Download (456kB)

Abstract

IPA sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang di nilai memegang peranan penting, karena IPA merupakan pengetahuan tentang alam yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari siswa. Melalui wawancara yang dilakukan penulis kepada guru kelas IV SDN Karangdan, bahwa prestasi pada materi bagian-bagian tubuh tumbuhan masih rendah, model pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan ceramah, sehingga kurangnya rasa antusisas siswa saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model think talk write (TTW) terhadap prestasi belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya kelas IV SDN Karangdan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karangdan, yang terdiri dari kelas A 28 siswa dan kelas B 25 siswa, sehingga seluruh berjumlah 53 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampel, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, kelas IV A SDN Karangdan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dan kelas IV B SDN Karangdan sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, berdasarkan analisis hipotesis signifikansi (Two Tailed) < dari ½ 0,05 maka Ho ditolak, yang itu berarti terdapat pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap prestasi belajar IPA materi bagian-bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya Kelas IV SDN Karangdan, hal itu juga terlihat dari perbedaan antara rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pada kelas eksperimen rata-ratanya yaitu 86.8 dan rata-rata prestasi belajar pada kelas kontrol yaitu 68.7.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: Think-Talk-Write (TTW), Prestasi Belajar IPA.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Mar 2021 18:23
Last Modified: 23 May 2023 08:19
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item