PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 6 MATERI MAKHLUK HIDUP DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CIRANGKONG - (SKP.PGSD 0015)

Tia Fitri Indriani, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 6 MATERI MAKHLUK HIDUP DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CIRANGKONG - (SKP.PGSD 0015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
1. cover skripsi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (497kB)
[img] Text
7. BAB I skripsi.pdf

Download (584kB)
[img] Text
11. BAB V skripsi.pdf

Download (494kB)
[img] Text
12. Daftra Pustaka.pdf

Download (492kB)
[img]
Preview
Image
4. lembar persetujuan pembimbing.jpg

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Image
5. lembar pengesahan penguji.jpg

Download (675kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dalam proses belajar bayak komponen yang mempengaruhi pembelajaran sukses atau tidak, salah satuya yaitu model pembelajaran. Karena banyak guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa adaya penggunaan model pembelajaran yang baru. Salah satu model pembelajaran yang belum pernah digunakan yaitu model pembelajran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas 6 pada materi ciri-ciri khusus hewan di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Cirangkong. Populasi penelitian yaitu kelas 6 tahun ajaran 2018/2019 di SDN 2 Cirangkong. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Tes berupa soal dengan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan rumus uji-T. Berdasarkan hasil analisis data¸ nilai rata-rata pre-test kelompok kontrol adalah 51,11 dan kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 49,95. Dan nilai post-test kelas kontrol adalah 76,47 sedangkan nilai post-test kelas eksperimen yang telah menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 82,4. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-T, diperoleh hasil Uji-T menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,019 < 0,05, dan nilai mean difference adalah 5,296. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Readeing and Composition) terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 materi ciri-ciri khusus hewan di SDN 2 Cirangkong, dan besar pengaruhnya adalah perbedaan nilai rata-rata nilai post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu sebesar 5,296.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: CIRC, Prestasi Belajar IPA, Ciri-Ciri Khusus Hewan.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Mar 2021 18:10
Last Modified: 25 May 2023 04:32
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item