MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN FLASH CARD DI TK BANI UMARO - (SKP.PAUD 0009)

Sari Sariah, - (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN FLASH CARD DI TK BANI UMARO - (SKP.PAUD 0009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER SARI SARIAH.pdf

Download (99kB)
[img] Text
ABSTRAK SARI SARIAH.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB I SARI SARIAH.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB V SARI SARIAH.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SARI SARIAH.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan flash card. Kajian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung pada anak yang disebabkan kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di TK Bani Umaro kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran pada materi berhitung permulaan sesuai yang telah direncanakan dalam RPPH 3) Pengamatan, pengambilan data tentang hasil belajar anak melalui lembar observasi. 4) Refleksi, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Bani Umaro, yang berjumlah 10 orang anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini menggunakan media flashcard pada pembelajaran kemampuan berhitung. Hasil penelitian kemampuan berhitung anak pra tindakan belum semua anak mampu menunjukan minat berhitung yang optimal. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan II, berhasil menunjukan adanya peningkatan kemampuan berhitung. Hal ini dapat dilihat dari kriteria pencapain cukup baik 10%, dari kriteria pencapain baik 10%, dari kriteria pencapaian kurang 50% dan dari kriteria kurang sekali 30%. pada saat pra tindakan Kriteria pencapaian baik mencapai 50%, pencapaian kriteria cukup baik 20%, kriteria pencapaian kurang 20%, dan pencapaian kriteria kurang sekali 10% dan pencapaian kriteria baik mencapai 80%, pencapaian kriteria sangan baik 10% pencapain kriteria cukup baik 10% pada siklus II. Peningkatan ini diperoleh melalui permainan flash card dengan aspek-aspek pembelajaran yaitu: (1) anak mampu mengucapkan lambang bilangan 1-10, (2) anak mampu menunjukan lambang bilaangan, (3) anak mampu mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNandhini Hudha Anggarasari, -NIDN0425108308
Thesis advisorFajar Nugraha, -NIDN0408128802
Uncontrolled Keywords: PTK, kemampuan berhitung, permainan flash card
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 May 2023 07:26
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item