PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Hapsah Paujiah, - (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Hapsah Paujiah - COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Hapsah Paujiah - ABSTRAK.pdf

Download (830kB)
[img] Text
Hapsah Paujiah - BAB I.pdf

Download (925kB)
[img] Text
Hapsah Paujiah - BAB V.pdf

Download (928kB)
[img] Text
Hapsah Paujiah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (892kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa pada mata pebelajaran matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada siswa Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran matematika dan rendahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis powerpoint untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan metode sepuluh tahapan Research and Development yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1983: 775) yaitu: Research and information collecting, Planning, Develop preliminary form of product, Preliminary field testing, Main product revision, Main field testing, Operational product revision, Operational field testing, Final product revision, Dissemination and implementation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Cibunigeulis, dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil pengembangan penelitian ini berupa produk media pembelajaran bernama multimedia interaktif berbasis powerpoint. adapun hasil validasi akhir ahli media yaitu sebesar 4,45 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli materi yaitu 4,33 dengan kategori “Sangat Baik”. Dan Hasil validasi guru yaitu sebesar 4,58 dengan kategori “Sangat Baik”. Semestara itu, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 4,48 dengan kategori “Sangat Baik” dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 4,711 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian ini terjadi perubahan yang signifikan, dilihat dari hasil pretestposttest dengan hasil rata-rata pada posttest 86,25 > 48,75 rata-rata pada pretest. Dengan pengukuran keefektifan media menggunakan N-Gain dengan skor hasil rata-rata sebesar 0,72 dengan kategori “Tinggi”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis powerpoint efektif digunakan dalam materi operasi penjumlahan dan pengurangan di kelas III SD.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: HARDCOPY- (SKP.PGSD.0085)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan, Hasil Belajar Siswa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:52
Last Modified: 07 Dec 2023 07:46
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item