HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK PRA SEKOLAH - (SKP 1181)

Rosmiati, - (2021) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK PRA SEKOLAH - (SKP 1181). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (953kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (951kB)

Abstract

World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa terdapat 5-25% dari anak - anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Tercatat 8 sampai 9% anak prasekolah mengalami masalah perkembangan sosial yaitu seperti pembangkangan (negativisme), agresi (aggression), berselisih atau bertengkar (quarelling), menggoda atau mengejek (teasing), persaingan (rivalry), tingkah laku berkuasa (ascendant behaviour), mementingkan diri sendiri (selfishness) dan faktor yang mempengaruhinya adalah penggunaan gawai yang berlebihan pada anak pra sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menanalisis hasil penelitian tentang hubungan penggunaan gawai dengan perkembangan sosial pada anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan literarure review atau tinjauan pustaka dengan mengkaji beberapa teori dan literatur yang berkaitan dengan pengumpulan data pustaka, melalui penggalian informasi dari berbagai kepustakaan mengenai hubungan penggunaan gawai dengan perkembangan sosial pada anak prasekolah. Didapatkan 7 Artikel dari Google Scholar, Portal Garuda dan ERIC , menggunakan Kata kunci penggunaan gawai , perkembangan sosial dan anak pra sekolah dan termasuk kuantitatif studi. Diterbitkan pada tahun 2017 hingga 2021. Tahapan yang dilakukan diawali dengan identifikasi masalah, screening, penilaian kualitas dimana artikel dapat diakses lengkap teksnya, analisa data dengan IMRD dan menyusun laporan hasil. Kesimpulannya terdapat hubungan pada penggunaan gawai dengan perkembangan sosial pada anak pra sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua untuk lebih selektif lagi dalam memberikan gawai kepada anak dan perlu adanya pengawasan serta ketegasan dalam memberikan batasan kepada anak dalam bermain gawai

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSri Mulyanti, -NIDN0424077401
Thesis advisorAsep Setiawan, -NIDN0405067102
Uncontrolled Keywords: Anak pra sekolah, penggunaan gawai dan perkembangan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 19 Sep 2022 10:26
Last Modified: 26 May 2023 07:01
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item View Item