PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP DISIPLIN MAHASISWA - (SKP.PAUD 0018)

Resti Fauzi Lestari, - (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP DISIPLIN MAHASISWA - (SKP.PAUD 0018). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (856kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (863kB)
[img]
Preview
Image
Pengesahan.jpg

Download (66kB) | Preview

Abstract

Kemajuan suatu negara dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusia, membentuk manusia yang berkualitas tentu nya tidak bisa dengan cara yang instan dan spontan, tetapi bisa dilakukan dengan melalui pendidikan.salah satu ciri manusia berkualitas yaitu dengan bisa bersikap disiplin yang tinggi dan memiliki motivasi belajar dan kecerdasan emosi yang tinggi juga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin (2) adakah pengaruh kecerdasan emosi terhadap disiplin(3) adakah pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosi terhadap disiplin mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post fakto dengan populasi penelitian sebanyak 970 dengan sampel penelitian yang diambil dengan 283 mahasiswa Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dengan menggunakan proportionate random sampling. Pemilihan sampel menggunakan Teknik probablitiy sampel , uji coba instrumen dilakukan kepada mahasiswa diluar sampel sebanyak 48 Mahasiswa, pengumpulan data menggunakan metode angket dan Teknik yang digunakan adalah Teknik deskriptif dan Teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) tingkat motivasi belajar termasuk kedalam kategori sedang, (2) tingkat Kecerdasan emosi termasuk kedalam kategori sedang dan (3) tingkat disiplin termasuk kedalam kategori sedang (4) ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap disiplin mahasiswa dengan nilai t hitung 3.025 dan t tabel sebesar 1.968 (5) ada pengaruh antara kecerdasan emosi terhadap disiplin mahasiswa dengan nilai t hitung 4,723 dan t tabel sebesar 1.968 (6) ada pengaruh Bersama sama antara motivasi belajar dan kecerdasan emosi terhadap disiplin mahasiswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNandhini Hudha Anggarasari, -NIDN0425108308
Thesis advisorMaesaroh Lubis, -NIDN0401057102
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, kecerdasan emosi, disiplin
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 20 May 2022 08:11
Last Modified: 24 May 2023 08:11
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item